Apa itu frasa?

Apa itu frasa? Secara sederhana, sebuah frasa dapat didefinisikan sebagai sebuah kelompok kata yang berada pada salah satu fungsi sintaksis serta penggabungan kata-kata itu masih mempertahankan secara utuh makna kata-kata yang bergabung tersebut.

Baiklah, kita uraikan satu per satu komponen definisi di atas.
Pertama, kelompok kata, artinya frasa tidak mungkin terdiri atas sebuah kata, minimal dua kata.
Kedua, berada pada salah satu fungsi sintaksis. Fungsi sintaksis itu adalah S(subjek), P(predikat), O(objek), Pel.(pelengkap), dan K(keterangan).Misalnya ada sebuah kalimat, "Ayah kami sedang bertemu dengan Pak Camat". S=Ayah kami, P=sedang bertemu, K=dengan Pak Camat. Nah, ternyata S,P,dan K pada kalimat tersebut diisi oleh kelompok kata, maka bisa kita katakan bahwa kelompok kata itu kemungkinan besar sebuah frasa (nanti kita bedakan dulu antara frasa dan kata majemuk atau idiom).
Namun, coba perhatikan struktur di bawah ini
ibu pergi tadi
Bentuk "ibu pergi tadi" bukanlah sebuah frasa, sebab kelompok kata itu sudah memiliki predikat, itu yang disebut dengan kllausa. Dan, tentu saja "ayah kami sedang bertemu dengan Pak Camat" juga secara keseluruhan bukanlah frasa, melainkan klausa sebab sudah memiliki Predikat, namun sekali lagi, potongan klausa dalam bentuk S, P, dan K-nya itulah yang disebut frasa.
Ketiga, gabungan kata itu menghasilkan makna yang masih tetap sama dengan makna kata-kata yang bergabungnya.
rumah baru= rumah yang baru, tidak ada perubahan makna yang terjadi saat rumah dan baru digabung dengan saat kedua kata itu berdiri sendiri.
panjang tangan= mencuri, nah makna panjang dan tangan yang digabung, ternyata berbeda dengan makna ketika kedua kata itu dipisahkan, maka itulah yang disebut dengan idiom.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Inti kalimat dan Kalimat Inti

pemakaian titik dua (:)

Soal SNMPTN 2008: Kode 101