Ciri-Ciri Kalimat Tidak Efektif atau Tidak Baku

Sekurang-kurangnya ada dua pendapat kaitan antara kalimat efektif dan kalimat baku. Pertama, kalimat efektif disamakan dengan kalimat baku. Kedua, kalimat efektif adalah kalimat baku, tetapi tanpa melibatkan ejaan. Kalimat efektif secara umum berkaitan dengan struktur kalimat yang harus benar atau sesuai kaidah yang berlaku pada bahasa tersebut. Umumnya pendekatan yang dipakai untuk melihat kalimat efektif adalah pendekatan yang bersifat struktural dengan menekankan kelengkapan unsur-unsur inti kalimat.
Pada bagian lain saya sudah menuliskan ciri-ciri kalimat efektif, sebaliknya pada artikel sekarang justru saya akan menekankan kebalikannya, yaitu ciri-ciri ketidakefektifan kalimat.
Pertama, ada dua konjungsi pada kalimat yang terdiri atas dua klausa. Sebagaimana kita ketahui, sebuah kalimat bisa terdiri atas satu atau lebih klausa. Kalimat yang memiliki dua klausa semestinya klausa-klausa di dalamnya dihubungkan dengan sebuah konjungsi. Namun,seringkali kita temukan padakalimat seperti itu terdapat dua konjungsi. Ciri khas ketidakefektifan jenis ini adalah adanya konjungsi di awal kalimat, terus ada lagi konjungsi setelah tanda baca koma di tengah kalimat.
Contoh:
Jika mereka tidak datang pada besok sore, maka petugas akan memberikan sanksi kepada mereka.
Perhatikan kalimat di atas. Pada awal kalimat terdapat konjungsi jika, kemudian di tengah kalimat setelah tanda baca koma (wajib ada koma sebab klausa pertama tersebut berbentuk anak kalimat) kita temukan lagi konjungsi, yakni maka.

Kedua, kalimat yang diawali oleh konjungsi, antara lain  dan, atau, tetapi, maka, sehingga, sedangkan.
Contoh:
Tetapi, mereka tidak mengerti harus berbuat apalagi.
Maka,keputusan itu sudah bisa diterapkan secepat mungkin.

Ketiga, kalimat yang diawali preposisi kemudian diikuti oleh predikat berawalan me-.
Contoh:
Dalam pertemuan itu membicarakan keikutsertaan negara baru.
Dari data penelitian tersebut menunjukkan banyaknya penolakan warga.
Kedua kalimat di atas tidak efektif sebab tidak memiliki subjek, bagian awal kalimat tersebut merupakan keterangan sebab didahului preposisi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Inti kalimat dan Kalimat Inti

pemakaian titik dua (:)

Soal SNMPTN 2008: Kode 101