Tentang Surat; bagian alamat surat

Dalam tulisan ini saya hanya akan membahas bahasa dalam surat dinas. Sebagaimana kita ketahui ada tiga jenis surat, yaitu surat resmi, surat dinas, dan surat pribadi. Surat resmi adalah surat yang diterbitkan sebuah lembaga (negara) yang menyatakan pengakuan terhadap sesuatu hal. Misalnya: Surat Izin Mengemudi, Surat Tanda Nomor Kendaraan, Kartu Tanda Penduduk.
Surat dinas adalah surat yang dipakai untuk komunikasi yang bersifat dinas, biasanya dikeluarkan oleh sebuah lembaga dan ditujukan orang perorangan atau lembaga lain. Adapun surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh seseorang untuk urusan pribadi.
Yang saya akan bicarakan di sini adalah bahasa paa surat dinas. Itu pun untuk hal-hal yang biasanya kita keliru atau salah.
Alamat surat:
Pada bagian ini biasanya kita menulis:
Kepada Yth.
Bpk. M. Udin Surudin
Jln. Kramat No. 7
Bekasi.

Seharusnya alamat surat di atas ditulis, sebagai berikut
Yth. Bpk. M. udin Surudin
Jalan Kramat No. 7
Bekasi
Keterangan: Tidak perlu dituliskan kata kepada lagi; kata jalan tidak boleh disingkat; tidak boleh diakhiri tanda titik(.) Kesalahan lain dalam alamat surat adalah penulisan kata Di Tempat. Kata di tempat tidak jelas acuannya sebab di mana pun orang yang kita tuju pastinya ada pada suatu tempat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Inti kalimat dan Kalimat Inti

pemakaian titik dua (:)

Soal SNMPTN 2008: Kode 101