Ternyata stop pakai e

Bahasa Indonesia banyak menyerap kata-kata asing. Penyerapan kata asing oleh suatu bahasa merupakan keniscayaan selama pemakai bahasa itu berhubungan dengan bangsa-bangsa lain. Itu tak terhindarkan apalagi jika bangsa yang menjadi asal kata tersebut memiliki pengaruh yang kuat terhadap bangsa yang menyerap kata tersebut. Itu juga tidak bermakna bahwa bangsa tersebut miskin dalam hal kata-kata. Harap diingat sebuah bangsa pada dasarnya sudah cukup menggunakan kata-kata yang diciptakan bangsa itu sendiri jika berkomunikasi dan berinteraksi masih dalam seputar lingkuangan pemakaian bahasa tersebut.
Bahasa Indonesia tidak terlepas dari penyerapan kata asing sebab faktor-faktor geografis dan faktor budaya juga memaksa kita melakukan penyerapan itu. Dalam hal teknologi, sebab kita kalah maju dalam bidang ini, mau tidak mau berbagai produk dengan nama asing masuk, dan terpaksa nama-nama produk itu diserap ke dalam bahasa Indonesia. Kata-kata, seperti komputer, jelas tidak ada padanannya dalam bahasa Indonesia, ya harus diserap utuh (adopsi). Contoh lain, perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat menghasilkan berbagai barang, seperti handphone, SMS, multimedia, program, bluetooth, wah sangat sulit diindonesiakan. Ya, sudah diterima begitu saja meskipun orang Pusat Bahasa bekerja keras "mengindonesiakannya".
Soal serap-menyerap ini, EYD sudah memberikan patokan tentang mengindonesiakan kata-kata asing. Tapi, kadang kita kurang konsisten. Coba perhaatikan contoh di bbawah ini:
subject diserap menjadi subjek
object diserap menjadi objek
Jadi, huruf j tetap yang berubah ct menjadi k, tapi kata project diserap menjadi proyek, pakai y tidak pakai j. Nah, kan tidak konsisten.
Ada satu kata yang tampaknya sudah biasa kita pakai, yaitu stop. Kata tersebut berasal dari bahasa Inggris. Ternyata dalam Kamus Besar bahasa Indonesia kata itu sudah diindonesiakan dan ditulisnya SETOP, pakai e. Pantas di Bandung orang-orang menyebut halte bus dengan SETOPAN BUS...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Inti kalimat dan Kalimat Inti

pemakaian titik dua (:)

Soal SNMPTN 2008: Kode 101